Pages

morning sickness kenapa terjadi, dan solusinya


Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana perubahan-perubahan hormonal yang terjadi pada istri saat hamil muda, salah satunya adalah mual dan muntah, karna hal ini juga yang sedang dialami istrinya. Keluhan akan mual dan muntah atau lebih dikenal dengan sebutan Morning Sickness karna perasaan ini lebih sering dialami saat pagi hari. Bahkan menurut penelitian sekitar 50-70% wanita hamil akan mengalami rasa muntah dan terkadang disertai pusing, hal ini disebabkan karna plasenta yang berkembang dan menghasilkan sejenis hormon HCG, Sebenarnya hormon HCG  sangat dibutuhkan pada awal kehamilan. Selain membentuk plasenta, HCG juga akan menjaga janin tumbuh dengan baik. Penyebab lain dari morning sickness adalah Penyebab Morning Sickness Peningkatan hormon progesteron memengaruhi sistem pencernaan ibu hamil. Hormon ini memperlambat semua fungsi metabolisme termasuk sistem pencernaan. Akibatnya, proses mencerna makanan membutuhkan waktu lebih lama yang pada ujungnya memicu rasa mual. Makanan Makan makanan berminyak dan pedas bisa menyebabkan morning sickness. Fungsi sistem pencernaan yang telah menurun akibat hormon akan semakin memburuk saat mendapatkan asupan makanan berminyak dan pedas.Peningkatan sensitivitas bau dan rasa Peningkatan sensitivitas bau dan rasa adalah penyebab lain morning sickness. Bau yang pada kondisi normal biasa saja, bisa memicu mual dan muntah pada wanita yang sedang hamil. Mestipun ini adalah hal yang wajar untuk dialami oleh seorang wanita saat hamil, tapi dengan seringnya mual dan muntah, saya pribadi sangat kasihan terhadap istri. Akan tetapi kita sebagai suami bisa membantu untuk membuat istri kita nyaman, dengan beberapa tips berikut ini :
1.      Ngemil saat bangun tidur
Ngemil saat bangun tidur akan mengurangi terjadinya morning sickness, akan tetapi hal ini tidak 100% baik dilakukan, pilihlah camilan yang mengandung banyak karbohidrat, dan nutrisi2 lain yang sangat positif bagi istri hamil dan janin yang sedang dikandungnya
2.      Awali dengan kegiatan menyenangkan
Tingkat stress akan semakin memperburuk kondisi psikis dan fisik seorang istri saat hamil, ajak istri untuk melakukan kegiatan2 yang menyenangkan yang sesuai dengan kondisi fisik istri
3.      Jangan biarkan perut dalam keadaan kosong. Makanlah dengan porsi sedikit tapi sering. Ini perlu karena peningkatan kadar asam lambung merupakan salah satu penyebab utama rasa mual .
4.      Pilih makanan yang lebih mudah dicerna. Hindari makanan  pedas, bersantan dan asam karena memperberat lambung.
5.      Buat variasi menu makanan supaya tak bosan.
6.      Jangan kekurangan cairan.  Konsumsi makanan yang berkadar air tinggi, seperti sayuran dan buah-buahan
7.      Konsumsi Vitamin B6, jahe dan madu.

Anda sedang membaca artikel tentang morning sickness kenapa terjadi, dan solusinya dan anda bisa menemukan artikel morning sickness kenapa terjadi, dan solusinya ini dengan url http://generasi-extra.blogspot.com/2011/11/morning-sickness-kenapa-terjadi-dan.html.

Artikel lainnya selain "morning sickness kenapa terjadi, dan solusinya"

: